Senin, 15 Mei 2017

TIPS (BERKENDARA RODA DUA) BERSAMA BALITA

Huha...
Exhale Inhale...Bismillah. Kemarin sobib saya sempet nanya soal ini nih "Kak, pernah ngga bawa mas dzakir(baby D) jalan-jalan naik motor?". Saya jawab "Pernah, tapi ngga sering dek." But ada embel-embel yang belum kelar. Saya sering bawa dia keluar kalau memang ada keperluan (seperti : imunisasi atau urusan-urusan yang mengharuskan saya harus pergi dan tidak bisa diwakilkan - lebay). Imunisasi sih sebentar yah, klaim BPJS donk yang ekstrim :-D dari habis subuh cyn harus ambil nomor urut antrian musti bolak-balik dan belum clear sampai sekarang #plisdeh.Kalau sayabtidak keliru, paling muda dzakir saya bawa pergi naik motor adalah ketika saya kira dia kelelahan habis 'launching' jadi waktu itu belum usia 30hari saya ajak dia mencari alamat jasa pijat bayi. Rasanya gimana? Yah, gimana jahitan sih masih sakit, gitu deh pokoknya. Tapi alhamdulillah it's well done :-)

Membawa bayi bepergian memang ribet, duh-duh kalau mau pergi bentar aja tetek bengeknya ngalahin emaknya yang dulu ngga pernah kelupaan pakai eye liner. Sekarang? Cukup bb cream tipis-tipis dioles sambil mondar-mandir. Balik lagi ya ke topik diatas ya karena saya merasa cukup perlu mengisi blog ini dengan tulisan bermanfaat kali ini saya mau berbagi tips berkendara (roda dua) bersama baby. Semoga bermanfaat  ya teman-teman ^^

1. Bawa barang seperlunya dan masukkan kedalam 1 ransel besar yang bisa digendong di depan oleh si ayah atau ditaroh dibawah (jika menggunakan) SPM matic. Jika si ibu ingin membawa tas, cukup bawa HPO/tas mungil saja yang bisa dimasukkan ke dalam ransel. Jadi si ibu konsentrasi memangku atau menggendong si bayi.

2. Pastikan bayi dalam kondisi hangat. Kalau masih terlalu takut karena masih terlalu kecil(ini saya banget) boleh bantu bagian dada hingga kaki dibedong : ngga perlu terlalu kencang. Pakaikan baju yang menyerap keringat. Gunakan topi jika dirasa perlu (baby D tipikal suka -kemringet-) jadi saya ngga tega dia kepanasan walau mbahnya teriak-teriak suruh makaiin topi #sayangmbahdehpokoknya. Gunakan juga selimut bayi yang nyaman dan tidak terlalu tebal apalagi jika itu siang hari.

3. Pastikan cuaca mendukung. Haha ngga perlu tanya pawang hujan kali ya, pakai saja jurus kira2. Bisa kan?bisalah in syaa Alloh sambil baca bismillah sepanjang jalan. Dan tentu saja mantel tetap harus ada dalam jok motor. Bukan apa-apa ya kalau memang butuh saya juga beberapa kali memesan taksi waktu itu karena memang belum ada kendaraan yang lebih memadai di rumah kami. Pernah kena hujan di jalan?pernah, dan saya tetap terjang. Hihi, pokoknya diukur aja deh kira2 masih jauh atau ngga atau hujannya deras sekali atau ngga. Atau mantelnya memadai atau ngga.

4. Si ibu jangan pakai baju yang ribet. Huhuhu, saya dari dulu suka yang simpel2 apalagi urusan khimar/kerudung. Kalau lagi ngga 'kumat' aja yang riweh2 mah. Seterusnya lebih nyaman pake yang slup dan bahan kaos dan sejenisnya :-D

5. Lindungi bayi dari terpaan angin langsung dari depan. Jadi posisikan senyaman mungkin, dan 'umpetin' bayinya ditengah (antara ayah dan ibu). Boleh digendong boleh dipangku. Tapi kalau saya prefer di gendong karena ada bala bantuan menyangga beban.

6. No Ngebut :-). Si ayah baby D ini tipikal rada suka bikin was-was, apalagi kalau ngantuk dih ngga peduli gapura perumahan  segede apa pernah mau ditabrak posisi saya masih hamil tua sepulang beli ember perlengkapan bayi. Jadi saya musti rada sedikit cerewet kalau pergi bertiga. Surat-menyurat lengkap, cek kelengkapan standar (posisi spion, bensin, ban, dan lampu). Yuk cap cus :-D

Kurang lebih demikian ya teman-teman yang bisa saya bagikan kali ini. Jika ada salah mohon dimaakan ya :*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar