Kamis, 18 Mei 2017

TIPS BERPUASA DI SAAT HAMIL TUA

Hallo teman-teman nggak berasa ya Ramadhan sebentar lagi datang, Jadi inget tahun lalu perut masih menggendut dan tinggal nunggu HPL aja. Akhirnya purnalah tugas saya sebagai bumil pada 12 Juli 2016, yap hampir setahun lalu. Alhamdulillah setelah saya bertanya kesana kemari seputar tips menjalani Ramadhan pada saat hamil tua, bersama baby D sama me-mumtazkan puasa Ramadhan tahun lalu dengan gilang gemilang. Semoga tahun ini juga berlaku demikian aamiin. Sekedar berbagi tips siapa tahu ada yang membutuhkan. Let's check :

1. Minum susu untuk ibu hamil
Jujur saya eneg sekali pas trisemester awal masa kehamilan saya *wajar kok*, apalagi yang namanya minum susu. Duh, rasanya kok plain-plain gimana gitu. Udah gitu hidung saya mencium baunya kok ngerasa apek. Nah, tapi ini sangat penting sekali dan disarankan oleh bidan dan dokter  karena sekalipun berpuasa janin di dalam perut tetap menuntut untuk makan pada waktunya. Dan pada trisemester ini berat badan bayi sangatlah signifikan kenaikannya dan menentukan kira-kira akan lahir dengan berat berapa bayi kita?

2. Konsumsi Kurma atau Sari Kurma
Selain sunnah Rasul, mengkonsumsi kurma juga baik untuk merechrage stamina kita yang seharian sudah 'loyo'. Saya juga tadinya nggak terlalu suka, tapi sekarang jadi lumayan suka. Ini makanan kaya manfaat rasanya manis, dan konon bisa membantu menambah stamina pada saat melahirkan.

3. Mengatur (kembali) pola makan
Kondisi ibu hamil beda-beda ya teman, saya termasuk yang sedikit 'tangguh' dan doyan makan pada saat hamil. Jadi saya tetap makan 3-4 kali sehari yaitu pada jam buka, sahur di tambah lagi setelah saya tarawih di malam hari kira-kira pukul 22.00

4. Konsumsi buah
Untuk cemilan disarankan lebih banyak konsumi buat ya teman-teman karena manisnya buah (fruktosa) lebih alami daripada pemanis apa pun sehingga lebih minim dalam meningkatkan kadar gula dalam darah. Dan berdasarkan sharing dari beberapa teman pada trisemester akhir ini berpotensi naiknya berat badan secara drastis. Jadi kalau mau sedikit cheating nunggu si debay 'launching' dulu. Demi siapa?demi kesehatan bersama.

5. Mengerjakan pekerjaan rumah di malam hari
Bukan rahasia umum lagi ya kalo emak-emak memilih menjadi 'kelelawar' demi siangnya bisa rada selonjoran. Beberapa perempuan mengaku agak susah tidur ketika hamil tua saya juga demikian. Jadi agar tidak terlalu capek pada siang hari dan menghindari dehidrasi saya pun melakukan pekerjaan rumah di malam hari. Bonus siang bisa istirahat, dan bonus malam kalau lapar masih bisa ngembat hihi.

Semoga bermanfaat ya teman-teman. Selamat berpuasa semuanya...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar