Jumat, 18 Agustus 2017

Resep Seblak Bakso Sederhana

Saya bukan pecinta seblak dan makanan yang menurut saya nggak familiar di lidah. Tapi entah kenapa kemarin malam saya ingin bereksperimen. Karena bahan sudah saya siapakan sebetulnya, maka jadilah pukul 22.00 saya melampiaskan hasrat memasak. Rasanya cukup menghibur, meskipun tanpa tambahan MSG/kaldu bubuk. Saya simpan disini biar saya nggak lupa, dan biar jadi bukti bahwa saya pernah memasaknya. Cekidot :)

Bahan :
Segenggam kerupuk
1 butir Telur
5 butir Bakson, potong-potong
Minyak untuk menumis
Gula secukupnya
Garam secukupnya

Bumbu Halus :
1pcs bawang putih
2pcs cabe rawit
1 ruas jari kencur

Cara Membuat :
1. Kerupuk direbus. Bagian ini opsional saja ya, ada yang suka langsung dimasukkan didalam tumisan bumbu ada yang hanya direndam air hangat. Saya prefer merebusnya.
2. Tumis bumbu halus, biarkan sampai wangi, masukkan telur kemudian orak-arik.
3. Masukkan rebusan kerupuk dan bakso, tambahkan air sedikit demi sedikit.
4. Setelah hampir mengering masukkan gula garam, aduk-aduk, koreksi rasa.
5. Masuk hingga tercampur rata, karena kerupuk saya sudah setengah matang jadi tidak perlu terlalu lama agar tidak overcook.
6. Ready to serve.

Nah membuat makanan sendiri selain bisa berhemat tentu saja ada sensasi tersendiri bukan? Kalau saya hitung-hitung 1 porsi seblak ini hanya senilai Rp 5.000,- ini cukup untuk dua orang sebetulnya, dan kalau beli bisa sampai Rp 10.000,- seperti kata pepatah tak ada hasil yang menghianati usaha. Mau enak tapi harus hemat, ya harus mau usaha kan? Worth it kok, masak cuma kurleb 20 menit. Dan rasanya lebih 'ramah' ketimbang beli yang rata-rata mengedepankan micin. Berani coba? :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar