Selasa, 06 Desember 2016

OPINI : BELAJAR BIJAK DALAM BERTUTUR

Tau donk iklan minuman prebiotik yang ada sejak jaman baheula?Yakult, yes  apa jargonnya?cintai ususmu - minum yakult tiap hari. Good ya, cintai usus. Pokoknya kalo hal ihwal cinta-mencinta cepet banget connect lah ya. Apalagi udah sah,  belum sah aja pada sok cinta2an #nyindirdirisendirijamandulu. Tapi eh tapi ada sesuatu dalam diri kita yang musti kita cintai banget lho, apakah itu?lidah. Simak ceritaku yah.

***

Selang berapa pekan sepulang dari Rumah Sakit dalam rangka imunisasi si bayi kacang (baca : dzakirnut), terjadilah percakapan 'panas' antara ibu dan ayahnya.

Ayah : "Bu, Subhanalloh aku sebel banget ya pas si adek dibilang peyang sama itu ibu2." *sambil 1/2 mencak2*
Aku : (Ngebatin, kirain cuma aku aja yang denger waktu itu soalnya posisi si ayah antri resep dan aku yang duduk mangku dzakirnut di kursi tunggu). "Oh ayah denger juga toh?"
Ayah : "Lha ibu ngapain pas adek dibilang peyang sama ibu itu malah senyum, pake nawarin tempat duduk segala?"
Aku : "Lha terus aku musti gimana coba?"
Ayah : "Iya juga ya bu, eh tapi..."
Aku : "Lumrah kali sayang kaya gitu mah, kalo anak kita perfect secara fisik pun pasti ada aja komentar orang yang ngga suka atau emang udah dari sononya suka ngomentarin. Maklum aja yah, biasa isi dunia lengkap. Ngga seru kalo ngga ada yang begono."

-The End-

Pesan Moral :

♥ Buat Yang Dikritik
Kritik tentang hal fisik memang menyakitkan dan bikin nggak nyaman girls. Example : Gendut, jerawatan, pesek, peyang, item. But ini saatnya kita diuji, seberapa tangguh kita. Gadget lemot bisa di upgrade, komputer rusak bisa dibeli. Tapi kalo rasa percaya diri luntur susah balikinnya, So syukuri aja. Nanti pada saat kita udah berhasil (gendut>slim, jerawatan>mulus, kalo pesek kayanya susah kalo ngga oplas, peyang dan item pun berlaku hal sama) merubah diri kita jadi better kita bakal happy lho. Resep ampuhnya : Bersyukur dan No Baper. Ngga semua yang orang bilang ke kita itu pake mikir, jadi ngga usah mikir juga kalo yang ada mereka udah mulai bikin senewen.

♥Buat Tukang Kritik

1.  Kalo emang mo kritik gpp kok, sah dan dilindungi negara kan Indonesia demokratis #katanya. But, as yo know ya kritik atau lebih ke sifatnya ngejek itu melubangi hati orang lho girls. Hayo gimana coba kalo hati udah berlobang, susah sembuhnya lho buktinya Raisa sama Keenan tuh *mulai ngga nyambung*. Intinya ati2 banget kalo mau melancarkan aksi kritik.

2. Baiknya urusan fisik jangan jadi topik utama yah girls (bahas kekurangan pula), apalagi di SosMed. Karena apa?kita kan ngga tau itu posisi orang yang kita godain dengan kritik lagi bahagia apa berbunga2 salah2 dia lagi males dia bakalan sakit ati pake banget terus doain kita yang ngga2 gimana coba. Inget doa orang yang terdholimi makbul.

3. Sering2 ngaca and say "sudah lebih baikkah aku hari ini dibanding kemarin?" Cukup bandingkan diri sendiri tiap hari, secara  kualitas ya inget bukan fisik. Sebelum kritik plis mikir dulu, nyuruh orang lain ngga baper tapi kamu ngga mikir dulu tiap mo ngapa2in orang gimana euy. Sama aja boong.

4. Sampein secara personel lebih baik ^^ (ini kayanya paling waras dan simpe ya).

***

Cintai lidahmu, diam atau berkata baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar