Senin, 19 Oktober 2015

RAJUT : BROS 5 KELOPAK

Hi, hi jumpa lagi dengan saya. Alhamdulillah semoga semakin rajin nge-blog dan 'mamerin' karya saya disini ya (mohon doanya). Ngomong-ngomong saya punya hobi baru yang kini sudah tak lagi menjadi rahasia. Dan kali ini saya akan share hasil belajar saya (hasil youtube-an dan googling) walaupun belum bisa cepet belajarnya. Yup, dimulai dari yang paling sederhana dulu ya semoga someday  saya bisa bikin pola sendiri dan nge-share juga hasilnya di blog ini. Bukan bermaksud untuk pamer insyaAlloh, semoga ini juga menjadi salah satu bentuk rekam jejak karya saya dan bersifat long last yach Aamiin. Yuk mulai :

Alat dan Bahan :

1. Benang (bisa katun bisa polyster) saya menggunakan keduanya pada sampel gambar saya
2. Gunting
3. Benang
4. Hakken ukuran 3 (bisa menyesuaikan sesuai ukuran benang)

Jenis Tusukan :

1. Tusuk Rantai/Chain (CH) intip disini 
2. Tusuk Slip Stich (SS/ST) lihat disini
3. Tusuk Double Crochet (DC) kulik disini

Pola :

Round Pertama : Buat 4 CH, kemudian masukkan hakken ke lubang pertama untuk membentuk 1ST. (Hasil dari Round Pertama akan berbentuk lingkaran yang pada lubang tengahnya nanti akan dijadikan sebagai titik pusat untuk membuat tusukan pada round kedua)

Round kedua : Buat 11 DC dengan berpusat pada hasil dari lingkaran round pertama.

Round ketiga : Pada tiap lubang DC yang dihasilkan oleh round dua kita buat masing-masing 2DC di tiap lubang, setelah lubang pertama selesai maka pindah ke lubang selanjutnya dengan membuat 2 DC. Untuk menutup.2  DC pada 2 lubang tadi harus diakhiri dengan 2CH dan 1ST pada lubang terakhir. Jadi begini kira-kira (2DC-2DC, 2CH, 1ST) pada tiap 2 DC dari hasil DCdi round kedua. Akhiri dengan 1 ST untuk mengunci/ mengakhiri round ketiga.

Pengembangan :

Kelopak bisa dibuat sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita. Nah diatas saya membuat 5 kelopak dengan menggunakan 11 DC di round kedua. Jika teman-teman ingin membuat 10 kelopak misalnya maka teman-teman hanya butuh untuk mengalikan dua untuk jumlah DC pada round dan ditambah 1 DC. Jadi rumusnya adalah : Jumlah Kelopak yang diinginkan = (2xjumlah kelopak)+1 = XX DC.

Untuk membuat jumlah DC pada round kedua jika jumlah DC bertambah otomatis ring yang dibutuhkan pada round pertama harus bertambah pula, bisa ditambah 2-3CH untuk setiap kenaikan jumlah 7-10 DC (tergantung jenis benang).

Begini nanti kita-kira hasilnya. Sangat mudah lho :)

Keterangan : Gambar (1) menggunakan benang katun gradasi, sedangkan Gambar (2) menggunakan benang polister. Tingkat kerapatan dan kerapihan juga dipengaruhi oleh penggunaan benang ya.

2 komentar:

  1. lengkapin sama gambar per tahapnya dong sist :P :) :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. next time ya kaocha :*
      hihihi...sini aku ajarin :D
      *SOTOY pangkal KAYA*

      Hapus