Kamis, 29 Oktober 2015

TIPS MERAWAT PERHIASAN EMAS

Ya, ya, ya aku bahagia diriku kini tak lagi sendiri *megangin pipi gara-gara gusi yang bengkak, lekas sembuh ya sayang, elus-elus lembut*. Kali ini saya akan bagi-bagi tips hasil dari membaca buku karya Rizem Aizid yang judulnya "Muntah Uang dengan Inves Logam-Logam Mulia (Emas, Perak, dan Permata)". Siapa sih yang nggak punya emas?Kayanya sih rata-rata walaupun perempuan tidak (belum) suka memakai emas pasti punya deh ya yang namanya perhiasan satu ini. Bahkan sekarang pada lomba-lomba buat bisa beli emas batangan. Kalau kamu gimana?Yuk, mulai mikir jangka panjang. Emas selain bisa dijadikan perhiasan dan investasi, harganya juga sangat stabil lho. Makin naik, jarang turun dan turun pun tidak akan jauh dari harga awal pada saat kita membelinya. Begini yah tips membersihkan  emas (perhiasan) yang saya kutip dari buku yang sudah saya sebutkan diatas:

1. Sebelum membersihkan emas, persiapkan dulu alat dan bahan yang akan kita gunakan untuk membersihkannya. Bahan : sabun bayi, sikat lembut, kain lembut, dan dua mangkuk air hangat. Caranya adalah sebagai berikut : Tuangkan beberapa tetes sabun bayi kedalam satu mangkuk air hangat yang sudah kita siapkan tadi, aduk hingga merata. Kemudian rendam perhiasan yang akan kita bersihkan di dalam cairan ini selama kurang lebih 10 menit.

2. Setelah itu, untuk menyingkirkan kotoran yang menempel/menyangkut di sela-sela perhiasan sikatlah dengan sikat berbulu lembut. Lakukan hingga ke detail perhiasan, pastikan bahwa tidak ada lagi kotoran yang tertinggal dan menyangkut di sana.

3. Selanjutnya, celupkan emas pada mangkuk kedua yang sudah kita isi air hangat tadi. Lakukan beberapa kali sehingga tidak ada lagi kotoran dan sisa sabun yang menempel.

4. Pastikan bahwa emas yang sudah kita cuci benar-benar telah bersih, kemudian keringkan dengan kain berbahan lembut dan angin-anginkan. Setelah emas benar-benar kering, pasti emas akan lebih bersinar.

Pada dasarnya kita sering salah kaprah dengan hanya mendengar dari orang-orang terdahulu saja mengenai bagaimana cara merawat atau membersihkan perhiasan kita. Dengan begitu dikhawatirkan kita justru mengikuti cara yang salah dan berujung pada kerusakan kondisi perhiasan emas kita. Bagaimana sih cara merawat emas yang baik dan benar?

DO :)

1. Sekalah perhiasan emas kita sesering mungkin. Gunakan lap lembut (berbahan katun) dan bahan abrasif, seperti autosol yang banyak dijual di supermarket atau bengkel. Dalam hal ini bisa juga menggunakan kapas, jika kita tidak kesulitan dalam menggosok perhiasan kita.

2. Untuk penyimpanan, perhiasan emas kita sebaiknya disimpan pada tas kain sebelum dimasukkan kedalam lemari atau tas yang berbahan dasar kulit. Untuk lebih menjaga kadar emas kita, gunakan pula silica gel yang bisa kita beli di supermarket. Tempat lain yang direkomendasikan untuk menyimpan perhiasan emas kita antara lain : kotak kertas, plastik dan logam.

3. Jika perhiasan emas kita sudah mengalami banyak goresan, dan kita tidak keberatan jika perhiasan emas kita mengalami penyusutan. Maka kita bisa meminta tukang servis emas untuk melakukan pengamplasan terhadap perhiasan emas kita. Gunakan amplas nomor 1000, dan diikuti dengan nomor 2000. Bila dirasa sudah cukup halus, bersihkan dengan cairan autosol agar perhiasan emas kita lebih cemerlang. Jika warna belum begitu cemerlang artinya proses pengamplasan masih belum sempurna. Nah, cara inilah yang sering kita kenal dengan sebutan Polishing. Cara ini tidak berlaku untuk perhiasan yang bersifat sepuhan karena bisa menyebabkan lapisan sepuh hilang.

4. Jika terdapat detail seperti permata pada perhiasan kita. Maka cara membersihkannya pun sama, dengan digosok dan dibilas berulang hingga permatanya kembali berkilau. Namun, menggosok permata akan memakan waktu lebih lama dan itu  tergantung pada tingkat keburaman serta jenis permatanya. Fyi, jika kita membersihkan diamond cara tersebut tidak berlaku karena diamond dikenal sebagai permata paling keras di dunia. Jadi pergilah saja ke tempat dimana kita membelinya, agar diamond kita tidak mengamali kerusakan.

DON'T :(

Berikut saya cantumkan pula  salah kaprah yang sering dan umum dilakukan ketika kita bermaksud membersihkan perhiasan emas kita. Cara apa saja sih yang sudah dianggap lazim itu?

1. Merebus perhiasan emas. Bagi yang sudah mengerti ilmunya cara ini boleh saja diterapkan, akan tetapi kita yang masih awam sebaiknya menghindari cara ini karena ada jenis perhiasan emasn yang dihiasi batu permata yang tidak tahan dengan suhu panas yang justru akan menyebabkan warna batu permata menjadi pudar dan tidak cemerlang.

2. Perebusan yang sering dilakukan dengan panci berbahan aluminium bisa menyebabkan timbulnya warna hitam (oxid). Jika ingin menghilangkan warna hitam ini, tambahkan sedikit garam pada saat kita merebusnya (sekali lagi, berlaku bagi yang sudah mengerti ilmunya ya).

3. Tidak melakukan perebusan dengan menggunakan asam (jika perhiasan kita dilengkapi dengan permata). Asam ternyata juga bersifat abrasif dan menyebabkan berkurangnya kilau permata atau justru memburamkannya.Ini dapt terjadi jika batu permata yang kita miliki bersifat soft  (batu amber contohnya). Hati-hati juga pada permata imitasi, jika dibersihkan dengan cara ini makan bisa terjadi perubahan warna akibat dari inclusion (semacam partikel yang berada dalam satu batu permata yang bisa menjadikannya berubah warna).

Sekian, semoga bermanfaat tips kali ini. Keep blogging everywhere. Semangat!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar