Senin, 22 Februari 2016

RESEP OLOS TEGAL

Assalamu'alaikum dear, sehat kan ya? MasyaAlloh beberapa hari ini saya benar-benar kehilangan napsu makan. Tapi saya akalin dengan tetap ngemil sehat (makan buah dan cemilan home made) ketika perut saya mulai keroncongan. Entahlah mungkin ini hobi baru saya dan salah satu kewajiban saya ya, nguprek di dapur. Nah ini resep yang baru saya uji cobakan. Simak yuk :

Bahan :
(Adonan)
250 gram tepung terigu
100 gram tepung tapioka/aci/kanji/pati
Garam, merica bubuk, kaldu bubuk (jika suka) air secukupnya
2 batang seledri

(Isi)
3 lembar kol iris tipis
1 sosis ayam (opsional)
5 cabe rawit iris tipis
2 butir bawang putih, cincang halus
2sdm margarin/mentega untuk menumis
Garam, merica bubuk, kaldu bubuk(jika suka)

Minyak goreng untuk menggoreng (secukupnya)

Cara Membuat :
1. Campurkan tepung terigu, tepung tapioka, garam, kaldu bubuk, seledri dan masukkan air sedikit demi sedikit. Uleni hingga benar-benar kalis. 

2. Tumis bahan isian : masukkan margarin, bawang putih (tuggu hingga harum). Kemudian masukkan kol, sosis, cabe. Masukkan garam, gula, kaldu (bubuk). Koreksi rasa.
3. Setelah bahan kulit dan isian siap. Ambil bahan kulit pipihkan, isikan bahan isian dan bulatkan kembali. Dalam membuat adonan kulit sebaiknya jangan terlalu tebal agar pada saat digoreng bisa matang hingga merata.
4. Setelah adonan isi dan kulit habis. Goreng ke dalam minyak yang sudah terlebih dahulu dipanaskan. Nah, tunggu beberapa saat hingga olos mengapung. Warna tidak akan berubah kecoklatan ya dear. Memang putih, namun kulit luarnya saja yang sudah mengering.
5. Olos ready to serve. Dimakan begini saja sudah enak kok dear. Tetapi ini tidak direkomendasi untuk anak-anak ya. Karena pedasnya itu lho. Nah, jika memang ingin membuat khusus untuk anak-anak maka bisa dihilangkan cabenya atau boleh kok kalau misal menginginkan untuk mengurangi minyak kemudian merebusnya. Jadilah seperti cilok isi sayur dan sosis. Hidangkan selagi hangat buat teman minum teh.
Semoga bermanfaat. Keep writing, stay blogging. Wassalamu'alaikum ^^.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar