Jumat, 05 Februari 2016

CATATAN : KEUTAMAAN DZIKIR

Assalamu'alaikum shalihat, hari ini saya berencana pulang kampung (25-01-2016), kali ini saya memilih naik travel. Nah, travel yang saya pesan semalam sms bahwa pada jam yang saya pesan yaitu pukul 07.00 pagi tidak ada penumpang lain selain saya, sehingga jika saya mau maka saya harus mengikuti jadwal keberangkatan berikutnya yaitu pukul 02.00 siang. Yah, akhirnya saya memutuskan untuk meng-cancel booking travel saya dan beralih dengan kereta saja, tetapi saya ambil yang jam 11.00 siang karena saya semalam tidur terlalu larut dan takut nggak bisa bangun pagi kalau harus memaksa ikut yang jam 05.00 pagi (hihihi...malas boleh ya sesekali) :P

Disinilah saya sekarang tedampar di karpet berwarna hijau, aroma segar dan lampu hias yang terpasang indah  di langit-langit. Dimana kira-kira?ya, saya ada di rumah Allah. Jadi saya yang keras kepala ini kekeuh ikut berangkat ke stasiun pada saat suami saya berangkat kerja, jam berapa coba?eng ing eng jam 06.00 pagi yey! :D eleuh-eleuh gitu mbok ya ikut kereta yang jam 05.00 pagi aja, ah saya ingin sarapan pagi bersama suami saya jadi itulah salah satu alasan saya juga kenapa memilih untuk berangkat pada pukul 11.00 siang. Kami sarapan Gudeg Sinar, Bude di pasar pon Purwokerto #silakanceksendiri :P

Yap, karena saya masih lama jadi saya memutuskan untuk berjalan-jalan di sekitar stasiun sambil mencari masjid yang agak dekat dengan area stasiun. Yap, 15 menit kira-kira saya berjalan akhirnya saya sampai di Masjid yang rapih, bersih, dan mukenanya sangat harum (Love It :*). Masjid Al-Arafah, Kelurahan Kober, Kecamatan Purwokerto Barat #bolehdiceksendiri. Suka!!!, well selain itu saya juga melihat-lihat koleksi buku di rak buku yang ada di sisi kanan masjid dan saya menemukan buku Konsultasi Zikir (seri 2) bersama Ustadz H. M. Arifin Ilham yang diterbitkan oleh Tim Hidayah PT Variapop Group, pada 2010. 

Ada jawaban Ustadz mengenai apa saja keutamaan dzikir dan ini berdasarkan apa yang tertuang dalam Kitabullah yang menarik hati saya untuk saya tulis disini, agar bertambah tulisan dan agar menjadi pengingat saya ketika saya lupa dan siapa tahu bermanfaat buat teman-teman semua. Yuk simak :

1. Menentramkan hari (QS Ar-Ra'd : 28)
"(Yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram."

2. Ciri muslim sejati (QS Al-Anfal : 2)
"Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayatNya bertambah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawwakal."

3. Mendapat ampunan dan ganjaran dari Allah yang tidak terhingga (QS Al-Ahzab : 35)
"Sesungguhnya laki-laki dan perempuan yang muslim, laki-laki dan perempuan yang tetap dalam ketaatannya, laki-laki dan perempuan yang benar, laki-laki dan perempuan yang sabar, laki-laki dan perempuany yang khusyu', laki-laki dan perempuan yang bersedekah, laki-laki dan perempuan yang berpuasa, laki-laki dan perempuan yang memelihara kehormatannya, laki-laki dan perempuan yang banyak menyebut (nama) Allah, Allah telah menyediakan untuk mereka ampunan dan pahala yang besar."

4. Diingat oleh Allah (QS Al-Baqarah:152)
"Karena itu, ingatlah kamu kepada-Ku niscahya Aku ingat (pula) kepadamu dan bersyukurlah kepada-Ku, dan janganlah kamju mnegingkari Nikmat-Ku.)

5. Merupakanb ciri ulul albab (QS Ali Imron : 190-191)
"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan silih begantinya malam dan siang terdapat tanda-tanda bagi orang yang berakal(190)Yaitu orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi (seraya berkata):"Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia, Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka.(191)"

6. Merupakan senjata taubat (QS A-A'raf:201)
"Sesungguhnya orang yang bertaqwa bila mereka ditimpa was-was dari syaitan, mereka ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya."

7. Meraih keuntungan dan kesuksesan (QS Al-A'la:14-15 dan QS Al-Jumu'ah:10)
"Sesungguhnya beruntunglah orang yang membersihkan diri (dengan beriman), (14) Dan dia ingat nama Tuhannya, lalu dia sembahyang."(15)

"Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu dimuka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung."(10)

Ah, seringkali saya berfikir bahwa ketika hati dan pikiran saya sedang keropos (kaya tulang tanpa anlene : asli bukan promosi) saya lagi-lagi mikir mungkin saya kurang piknik (plesir) tapi saya jarang berfikir bahwa saya kurang dzikir. Hihihi sudah mainstream ya kayanya :P, mari perbaiki diri, yuk mari kemari *ngajak plesir, ups*, belajar menggapai shaleha yang tidak ada ujungnya bersama-sama hingga ke surga masyaAllah. Wallahu'alam...jika ada kesalahan mohon dimaafkan. Keep writing, stay blogging. Wassalamu'alaikum.

Note : Late post yang teramat late, but semoga nggak mengurangi manfaat buat diri saya pribadi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar