Selasa, 09 Februari 2016

CATATAN : SYARAT MENJADI COSTUMER SERVICE (CS)

Assalamu'alaikum sahabat, tidur siang terlalu lama tenyata bisa membuat malam jadi terasa panjang karena kantuk tak kunjung menyapa. Oia, daripada bengong isenglah saya buka buku suami berjudul "Pemasaran Bank - Edisi Revisi" yang ditulis oleh Kasmir pada 2010, saya menemukan isi dari satu bab yang kiranya sangat bermanfaat (buat teman-teman yang berkeinginan menjadi CS). Sepertinya profesi atau job desk Costumer Service atau CS sering menjadi incaran bagi para job seeker khususnya wanita dan fresh graduate karena bermacam-macam alasan. Selain menjadi cover atau 'garda depan' dalam sebuah instistusi, CS juga sering melakukan pekerjaan sampingan yaitu marketing. Canggih bukan?. Nah apa saja sih syarat atau kriteria menjadi Costumer Service (CS) menurut Kasmir dalam bukunya? Simak ya :

1. Persyaratan Fisik
Seorang  CS harus memiliki ciri-ciri fisik yang menarik seperti tinggi yang ideal dengan berat badan, misalhnya seorang wanita minimal 160cm dan untuk laki-laki 165cm. Kemudian, harus memiliki wajah yang menarik dan menawan. Petugas CS juga harus memiliki jiwa yang sehat. Artinya seorang CS harus sehat secara jasmani dan rohaninya. Disamping itu, petugas harus memiliki penampilan yang menarik, badan, dan pakaian yang rapi dan bersih, serta mempunyai bdan yang seimbang antara berat dan tinggi.

2. Persyaratan Mental
CS harus memiliki perilaku yang baik seperti : sabar, ramah dan murah senyum. Hindarkan petugas CS yang mudah marah/emosi dan cepat putus asa. CS juga harus memiliki rasa percaya diri (self confidence) yang tinggi, tidak minder, punya inisiatif, teliti, cermat, rajin, jujur, serius, hati-hati, dan bertanggungjawab. 

3. Persyaratan Kepribadian
Syarat lain, CS harus memiliki kepribadian yang baik seperti murah senyum, sopan, lemah lembut, simpatik, lincah, enerjik, menyenangkan, berjiwa bisnis, memiliki rasa humor, dan ingin maju. Dalam melayani nasabah kesan pertama yang mengesankan (first impression) perlu ditonjolkan. CS juga harus mampu mengendalikan diri (self control) seperti : tidak mudah marah, tidak terpancing untuk berbuat dan berkata kasar, tidak sabaran dan rasa tidak puas. Kemudian CS harus mampu mengendalikan gerak tubuh (gesture) yang mengesankan serta tidak terpancing untuk berbicara hal-hal yang bersifat negatif.

4. Persyaratan Sosial
CS harus memiliki jiwa sosial yang tinggi, bijaksana, memiliki budi pekerti luhur, pandai bergaul, pandai bicara, dan fleksibel. CS juga harus cepat menyesuaikan diri dan mudah bekerjasama dengan berbagai pihak.

Hanya ada empat syarat yang dikemukakan oleh Kasmir dalam bukunya. Nah ijinkan kali ini saya dengan segala keterbatasan saya menambahkan beberapa poin yang turut menyumbang andil untuk menjadi seorang CS :

5. Syarat Pendidikan
Biasanya di tiap institusi memiliki standar masing-masing dalam menentukan kriteria calon kandidat CS-nya. Tetapi lazimnya adalah berpendidikan sekurang-kurangnya D3 (Diploma 3) atau S1 (Sarjana). Selain itu CS juga harus menguasai bahasa asing. Bahasa yang sekarang ini sedang digencarkan adalah bahasa Inggris dan Mandarin, tentu saja setelah Bahasa Nasional Negara kita. Walaupun tidak menjadi syarat mutlak, tetapi akan sangat mendapat nilai tersendiri untuk 'mencuri hati' para interviewer institusi tersebut dalam merekrut karyawan baru.

6. Syarat Tambahan
Mungkin ini bisa dipelajari sambil jalan, tetapi syarat yang juga harus dipenuhi oleh seorang CS adalah mampu memahami materi dengan baik  yang nantinya akan berkaitan dengan Product Knowledge institusi tersebut. Karena CS pula yang nantinya akan langsung berhubungan dengan nasabah (dalam kasus ini adalah Perbankan) sehingga CS harus mampu menjelaskan teori yang sudah ia pelajari menjadi sesuatu yang mudah dipahami oleh nasabah.

7. Syarat Nilai
Nilai disini bukanlah nilai secara akademis, tetapi lebih kepada attitude seseorang yang siap melayani nasabah dengan segenap kelebihan yang ia miliki. Merasa diri Cantik? Menarik?Berpendidikan?Cerdas?namun juga harus memiliki jiwa 'pelayan'. Jika tidak tentu saja yang kita jumpai adalah sosok 'angker' yang justru membuat kita tidak nyaman berlama-lama berhadapan dengan sosok tersebut. Dan sudah menjadi jargon dimanapun bahwa sesuatu yang disampaikan dengan hati akan sampai ke hati pula bukan?

Dirimu merasa memenuhi kriteria diatas?jangan ragu untuk mencoba mendaftar ya. Mohon maaf atas segala kekurangan. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk teman-teman. Sekian, Keep witiring stay blogging. Wassalamu'alaikum.




1 komentar: