Kamis, 11 Februari 2016

RESEP PEPES TAHU KEMANGI

Assalamu'alaikun, karena bingung nggak ada bahan tulisan dan saya kepengen nulis yasudah kali ini saya akan 'melestarikan' resep asli Indonesia dan memamerkannya kepada pemirsa di rumah. Kali ini saya lagi penasaran sama yang namanya bikin pepes. Dari yang paling mudah, Pepes tahu dulu. Simak ya :-)
Bahan :
5 buah tahu putih/kuning tanpa kulit
Segenggam daun kemangi
1 butir telur
Daun pisang untuk membungkus

Bumbu Yang Dihaluskan :
2 butir bawang putih
2 siung bawang merah
1/2 sdt ketumbar
1/2 sdt merica
3 cabe merah
3 cabebrawit (optional)
Garam, penyedap (bila suka) secukupnya

Cara Membuat :
1. Haluskan tahu, masukkan bumbu dan kemangi, aduk hingga merata.
2. Masukkan telur, aduk kembali hingga merata.
3. Bungkus dengan daun, semat dengan lidi/staples.
4. Kukus selama kurang lebih 30 menit dengan api sedang.
5. Setelah diangkat, panggang diatas teflon. Tunggu hingga tercium bau harum daun.
6. Pepes tahu kemangi siap dihidangkan.

Note : 
1. Ini aslinya saya memanfaatkan sisa daun pisang pembungkus mendoan yang bertekstur mulus yang jarang bisa saya jumpai di kota.
2. Menggunakan staples karena alasan kepraktisan, masa iya pakai lidi sapu sedangkan saya nggak punya tusuk gigi.
3. First time to cook this menu, but rasanya beneran cetar. Yaiyalah kan masaknya penuh cinta :-p
4. Dicoba dirumah ya dear, buat referensi hidangan sehat (no fried) insyaAllah.

Sekian, semoga teman-teman bisa praktek di rumah. Keep writing, stay blogging. Wassalamu'alaikum.

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Coba dek, nanti jangan lupa dipoto di upload di IG terus dikasih tag cokkingwithuni :-p *niru2 teh angel*

      Hapus