Sabtu, 13 Februari 2016

RESEP 'JANGAN' SOP SEGER ALA MA'E


Assalamu'alaikum, alhamdulillah saya lagi rajin posting dan jualan semoga istiqomah dan jadi salah satu yang temasuk ibada, Aamiin. Pernah nggak sih kalian ngerasa malas makan? pastinya pernah donk. Ya, beberapa hari ini perut saya sampai mules menahan lapar karena malas makan (makan nasi gitu). Ya salah satu solusinya sih saya banyak ngemil aja daripada sakit, minum susu, makan buah dan cemilan sehat lain, asli ini bukan dalam rangka diet apalagi food combining. Gini nih ceritanya  saya punya resep soto yang rasanya seger dan saya jadikan andalan buat teman makan nasi. Termasuk salah satu dari mood booster saya ini, asli ini bukan soto khas daerah mana pun. Awalnya sih kepengen bikin Soto Pekalongan (Tauto), tapi karena saya tak juga kunjung menemukan tauco di Mang sayur jadilah saya minta pengarahan Ma'e saya. What should i do? Lets cooking with love, check this one please :

Bahan :

2 Ikat Mi So'un
Sayuran secukupnya  (bisa kol, atau caisin pilih salah satu saja)
2 buah tomat
Bawang goreng (taburan)
Irisan daun bawang (taburan)
1 ons ayam rebus kemudian, goreng dan suwir. Jika ada sisa kaldu maka bisa dimanfaatkan.
Cabe rawit iris (bisa diganti dengan sambal)
Kecap manis secukupnya

Bumbu kuah :
2 butir Bawang putih
2 buah Kemiri
3 cabe merah (rebus)
Irisan daun bawang secukupnya
Garam, gula, penyedap (bila suka) secukupnya

Cara membuat :
1. Haluskan bawang putih, kemiri dan cabe merah.
2. Tumis bumbu halus hingga harum dan masukkan irisan daun bawang, tumis bersamaan hingga matang.
3. Siapkan panci yang berisi air mendidih yang telah dicampur dengan sisa kaldu kuah tadi, kemudian masukkan bumbu yang telah ditumis, koreksi rasa. Rebus hingga air sedikit berkurang dan taburkan bawang goreng agar menambah cita rasa harum.
4. Susun so'un, sayuran, tomat, suwiran ayam, taburi dengan irisan seledri, daun bawang, irisan rawit serta bawang goreng. Masukkan kecap sesuai selera.
5. Siram dengan kuah soto yang sudah mendidih.
6. Soto seger ready to serve, hidangkan bersama kerupuk.

Sederhana dan mudah bukan? Berani mencoba?Alhamdulillah selama saya dua bulan di kota ini saya sudah mencobanya sebanyak empat kali. Bisa dijadikan alternatif sayur dan jajan sekaligus lho. Dan yang perlu diingat adalah hemat. Ini bisa jadi empat porsi kecil, Selamat mencoba ya :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar