Jumat, 18 Desember 2015

RESEP OPOR AYAM SEDERHANA

Assalamu'alaikum shalihat. Berapa hari nggak nongol rasanya ngerasa nggak produktif banget walaupun cuma sekedar nulis kembali resep yang udah aku ambil dari hasil googling dan aku praktekkin. Oke, kali ini aku bakal nulis kembali resep Opor Ayam Sederhana yang sudah ku masak dua hari lalu. Simak ya :-)

Bahan :
1/4 kg ayam potong menjadi 4 bagian
5 sdm santan instan
Bawang Goreng secukupnya

Bumbu :
3 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 butir kemiri utuh
1 sdt ketumbar
5 butir merica
1 cm kunyit
1 potong pala (beli ditukang sayur 1 set sama merica)
3 lembar daun salam
2 cm lengkuas, memarkan
1 batang serai, memarkan
Air, gula, garam dan penyedap (jika suka)
Minyak/Margarin untuk menumis bumbu

Cara Membuat :
1. Cuci ayam rebus hingga setengah matang, karena nanti akan direbus lagi bersama bumbu dan santan. Takut terlalu lama jadi hancur.
2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, ketumbar, merica, kunyit dan pala.
3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan. Masukkan daun salam, lengkuas dan serai. Masukkan santan dan lalu aduk-aduk.
4. Setelah tercampur dan tercium bau harum masukkan rebusan ayam (beserta kaldunya kedalam wajan). Koreksi rasa kemudian masukkan garam, gula dan penyedap (jika suka).
5. Rebus hingga santan menyusut dan ayam betul-betul matang.
6. Taburkan bawang goreng yang sudah di goreng untuk menambah aroma pada opor.

Note : Tanpa gambar (tapi nggak bohong lho), resep asli menggunakan jintan. Tetapi karena sepagi itu dan di tukang sayur aku nggak dapat jintan jadilah resep ini dimasak tanpa jintan. But beneran enak lho, aku pertama kali masak opor karena basicly aku nggak begitu suka santan menyantan. Yuk dicoba, nggak susah dan ini dimasak partai kecil. Semoga bermanfaat. Wassalamu'alaikum...

Keep writing, stay blogging.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar