Selasa, 15 Desember 2015

RESEP TEMPE KERING VERSI KEMES-KEMES

Suami saya bukan termasuk pecinta tempe jika cuma digoreng begitu saja. Menurutnya hanya ada dua rasa makanan enak dan enak sekali. Hahaha saya sebel kalau justru nggak dikritik dan hanya dua pujian itu yang terlontar dari mulutnya. Nah kemarin saya mencoba peruntungan untuk bikin tempe kering yang kriuk ala ibu saya. Huwa, belum sempat kriuk udah hampir gosong itu tempe. Ternyata setelah saya tanya bukan ini cara bikin tempe kering ala ibu. Tapi alhamdulillah suami saya nagih tempe yang serupa dengan yang kemarin lho. Ah, cukup terhibur karena sambal pecel madiun yang saya duetkan rasanya cukup menyesakkan dada :-D.

Nah saya share aja ah biar kalau kapan-kapan saya lupa saya bisa buka lagi deh. Teman-teman di rumah juga bisa coba, ini dibuat dalam porsi kecil lho jadi kalau rasanya kurang sreg jadi nggak terlalu memabukkan jika harus maksa ngabisinnya. Simak ya bahan dan cara membuatnya.

Bahan :
1 ons tempe (pilih yang matengnya pas, jangan kemudaan karena bisa hancur juga jangan ketuaan agar bau kurang sedapnya tidak bikin eneg)
3 cabe merah besar
5 cabe rawit
1 butir kemiri
3 siung bawang putih
3 siung bawang merah
3 sdm gula merah sisir
1 sdm air asam
2 cm lengkuas, memarkan
2 lembar daun jeruk
2 lembar daun salam
Gula, garam, penyedap(jika suka), minyak dan air secukupnya.

Cara membuat :
1. Iris tempe kecil memanjang, kemudian goreng.
2. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri dan cabe rawit.
3. Iris serong (buang isi) cabe merah besar.
4. Tumis bumbu halus, masukkan daun jeruk, daun salam dan lengkuas. Masukkan air, garam, gula, penyedap (jika suka). Masukkan juga air asam dan gula jawa. Koreksi rasa.
5. Setelah dirasa cukup OK, masukkan tempe dan cabe merah. Aduk sesekali agar matang secara merata.
6. Masak hingga kecoklatan. Hati-hati dalam mengaduk, jangan terlalu sering karena tempe bisa hancur. Pun jangan terlalu lama dibiarkan agar gula tidak terlalu mengkaramel pada satu tempat sehingga membuat gosong.
7. Tempe kering pedas manis tekstur kemes-kemes ala saya siap disajikan. Selamat mencoba.

Note : Resep ini dibuat dari hasil googling dan modifikasi penulis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar